Jhony Prasetyo, Bisa Tersenyum Usai Terima Tangan Palsu



Sugeng Siswoyudono, beberapa kali mengatakan jika ia bisa saja membuat tangan palsu, namun hal itu fungsinya hanya sebatas aksesoris. Fungsinya tidak sevital kaki palsu, yang menopang tubuh. Namun, salah satu anak buahnya pun tak tega sewaktu ada pemuda yang ingin memiliki tangan palsu.

***
Jhony Prasetyo (18), setahun silan terjatuh dari pohon yang membuat tangannya mengalami hal yang tidak pernah dibayangkannya. Mulanya Jhony hanya memar yang kemudian dibawa ke tukang pijat dan sangkal putung. Namun, tiga bulan kemudian muncul seperti benjolan dan dalam waktu 4 bulan, benjolan tersebut makin besar.

Tangan kiri siswa SMAN 1 Pacet, Mojokerto, ini rupanya terkena kanker. Dan supaya sel kanker tidak terus menyebar, maka keputusaan amputasi pun di ambil sebagai jalan akhir. Orang tuanya yang hanya bekerja sebagai tukang becak tidak bisa berbuat banyak. Beruntung pada saat seperti itu, lingkungan sekitar cukup peduli dengan Jhony.

Jhony yang beralamat di Dusun Sengon, RT03 RW02, Desa Kebon Tunggul, Kecamatan Gondang, Mojokerto, mendapatkan bantuan dari IMM (Inspiratif Muda Mojokerto dan Yayasan Bina Mandiri PLN.

Gus Islam, salah satu anak buah Sugeng Kaki Palsu, yang berhubungan baik dengan IMM dan YBM PLN, sebenarnya pernah meminta agar mereka membawa Jhony untuk Markaz Mirtha Production. Namun, rupanya Sugeng ingin memberikan gemblengan sehingga tidak semerta Jhony dibuatkan tangan palsu.

Pada 25 Januari 2020, tangan palsu sudah selesai usai dua hari sebelumnya dikerjakan Gus Islam. Diam-diam Gus Islam ingin memberikan surprise pada Jhony, karena itu pada 29 Januari, ia membawa sendiri tangan palsu itu pada Jhony. Namun, saat sampai di rumah Jhony, ternyata di situ telah banyak orang. Rupanya Jhony tengah pingsan karena suatu hal. Maka, Gus Islam yang kebetulan membawa mobil pun langsung mengantarkannya ke rumah sakit.

“Malamnya langsung boleh pulang, karena sakitnya sudah mendingan. Dan, esoknya tangan palsunya kami setting. Alhamdulillah, setelah jadi, Jhony pun bisa tersenyum,” ujar Sersan Ijo alias Gus Islam. ##

One Comment

Post Comment