Demi Kaki Palsu, Rela Naik Truk dari Lampung

Demi Kaki Palsu, Rela Naik Truk dari Lampung

Jika belum lama ini ada pasien yang membutuhkan kaki palsu datang jauh-jauh dari Jambi dengan naik bus, yang nama Hartono, kisah cukup lama malah ada pasien dari Lampung yang butuh kaki palsu buatan Sugeng dengan truk dari Lampung.

Berbekal alamat yang ditayangkan sebuah televisi swasta, membuat seorang pria tanpa sebelah kaki asal Lampung nekad datang ke ‘markas’ Sugeng di Mojokerto dengan menumpang truk yang dikemudikan temannya. Truk sang teman yang kebetulan berprofesi sebagai sopir itu kebetulan sedang membawa muatan ke Jawa Timur.

Sudah pasti, pilihan cara datang ke Mojokerto dengan menumpang truk tersebut bisa menunjukkan dari latar belakang seperti apa pria itu. “Sebenarnya cukup lama TO ini ingin datang ke ke markas, tapi terpaksa harus bersabar cukup lama sampai temannya dapat muatan yang menuju Jawa Timur,” kisah Sugeng yang lupa nama TO-nya.

Singkatnya usai melewati perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan dari Lampung, akhirnya ia sampai markas. Lucunya, saat sampai di Mojokerto ternyata mencari Sugeng tak semudah yang dibayangkan lelaki tanpa sebelah kaki ini. Ia diturunkan temannya yang sopir itu di sekitaran Terminal Mojokerto. Si lelaki asal Lampung itu dengan percaya diri akan tanya ke orang mengenai alamat pasti Sugeng. Ia berpikir nama Sugeng pasti dikenal banyak orang di Mojokerto karena pernah masuk televisi. Setelah itu, ia akan naik ojek atau naik angkutan ke lokasi.

Tapi, naas, orang-orang yang ditemuinya di ruas-ruas jalan di sekitar Terminal Mojokerto ternyata tak mengetahui alamat Sugeng. Boroboro mengetahui alamat lengkapnya, kenalpun tidak. Ternyata tidak semua orang pernah melihat Sugeng Kaki Palsu di televisi atau membaca berita mengenai sosok Sugeng Kaki Palsu.

Beruntung, si lelaki tanpa sebelah kaki asal Lampung itu akhirnya bertemu dengan seseorang di sebuah warung yang “melek” mbah google, yang dengan sukarela kemudian membantunya browsing mengunakan telepon pintarnya untuk mencari alamat detail kediaman Sugeng. Pria berkaki satu asal Lampung itu akhirnya berhasil menemui Sugeng di markas dan dibuatkan kaki palsu.

“Mentalnya tangguh luar biasa. Saya tak usah ospek dia pada waktu itu,” kenang Sugeng.
Kaki palsu untuk pria ini selesai tidak sampai menunggu waktu sehari. Namun, ia harus bertahan di kediaman Sugeng beberapa hari, karena harus menunggu sang teman yang sopir truk mendapatkan muatan untuk dibawa ke Lampung. (naskah dan foto : rudianto ganis)

Post Comment